Sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Ngawi

Dra. Mardiana Indraswati dalam sambutannya
Acara kegiatan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 (UUD 1945), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, serta Ketetapan dan Keputusan MPR RI. Hotel Sukowati, Kabupaten Ngawi Jawa Timur (02/07/2011). 

Hasil kerja bereng antara Sekretariat Jenderal MPR RI dan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Ngawi mencuat harapan para peserta untuk menambah pelaksanaan PPKN secara nasional dan komprehensif agar rasa kebangsaan dan pengertian anak didik terhadap nilai-nilai kebangsaan semakin tinggi, termasuk di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur ini, sesuai cita-cita pendiri bangsa dan negara (Founding Father).

Sebelumnya, sambutan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, yang disampaikan perwakilan rombongan Tim Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Kebangsaan RI (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta Ketetapan/Keputusan MPR RI) dari unsur perwakilan DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) dan DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat), mengungkapkan sesuai Pasal 15 ayat (1), huruf e Undang-Undang Nomor.27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD menetapkan bahwa salah satu tugas Pimpinan MPR adalah mengkoordinasikan Anggota MPR untuk memasyarakatkan UUD 1945.

Tugas Pimpinan MPR tersebut, diungkapkan Wahidin Halim dalam pemaparannya, diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan memasyarakatkan (sosialisasi) 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Binneka Tunggal Ika; serta Putusan MPR, berupa ketetapan dan keputusan MPR RI kepada seluruh lapisan masyarakat, salah satunya kepada para guru sebagai bagian dari komponen bangsa, yang berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada anak didiknya tentang 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, Binneka Tungal Ika, serta Putusan MPR, berupa ketetapan dan keputusan MPR RI, tuturnya.

Dra. Mardiana Indraswati menerima cindera mata dari PGRI
Perwakilan Tim Sosialisasi kali ini, berasal dari 3 orang anggota DPR RI, masing-masing yaitu Dra. Mardiana Indraswati  (anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional), Adyatman Amir Saputra, SIP  dan H. Rahardi Zakaria, SIP, MH serta 1 orang anggota dari DPD RI, Drs. H. Wahidin Ismail.
Dalam kesempatan ini Bupati Ngawi , Budi Sulistyo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan MPR karena kegiatan ini sejalan dan seiring dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di kabupaten Ngawi, sekaligus pada kesempatan ini beliau menitipkan aspirasi terutama kepada Dra. Mardiana Indraswati sebagai wakil dari Dapil Jawa Timur VII terkait persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Ngawi agar diperjuangkan di senayan. Dra. Mardiana Indraswati dalam pembukaan sesi Tanya jawab mengatakan “ini sebagai bentuk tanggung jawab MPR, disaat tidak ada lagi Lembaga Negara yang melaksanakan sosialisasi 4 Pilar ini. Kita terbagi per kelompok untuk keliling ke seluruh pelosok Nusantara mulai Aceh, Papua hingga ke Tidore,” ungkapnya.

Selain itu, perwakilan peserta yang tergabung dalam wadah PGRI Kabupaten Ngawi mengusulkan kepada Pemerintah untuk menindaklanjuti sosialisasi ini ke dalam program kegiatan lanjutan sosialisasi ke bawah sehingga tujuan mulia kegiatan ini dapat dicapai secara maksimal. (@ry)

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates