Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan

Mardiana Indraswati menyerahkan hadiah untuk pemenang LCC
Dalam rangka mensosialisasikan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari sekian kegiatan sosialisasi 4 pilar yang telah diadakan oleh MPR RI.

Sasaran kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hasil-hasil reformasi konstitusi dan perubahan UUD 1945, melakukan "review" terhadap pelaksanaan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta merumuskan rekomendasi untuk perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan UUD 1945.

Suasana Lomba Cerdas Cermat
Kegiatan "grand final" cerdas cermat empat pilar bernegara tingkat nasional akan diselenggarakan di Gedung Nusantara IV DPR pada Rabu (18/8). Grand final lomba cerdas cermat ini merupakan rangkaian dari kegiatan serupa sejak babak penyisihan yang diselenggarakan di seluruh daerah di Indonesia.

Peserta grand final lomba cerdas cermat empat pilar bernegara berasal dari SMA Negeri 1 Padang Panjang Sumatera Barat, SMA Negeri III Unggul Tenggarong Kalimantan Timur, dan SMA Negeri Siwa Lima Amon Maluku.

Sosialisasi empat pilar bernegara, meliputi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, adalah tugas dari MPR yang diamanatkan dalam UU No 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD Pasal 15 ayat (1) huruf e, yakni mengkoordinasikan anggota MPR untuk memasyarakatkan undang undang dasar. MPR RI menyadari tugas sosialisasi atau memasyarakatkan empat pilar tidak bisa dilakukan oleh Pimpinan dan para Anggota MPR RI saja, melainkan membutuhkan dukungan dan kerja sama dengan semua elemen bangsa serta lapisan masyarakat Indonesia.

Dra. Mardiana Indraswati bersama host LCC
Data yang diperoleh pemerintah lewat survei ke masyarakat menetapkan 90 persen menyatakan Pancasila dasar negara Republik Indonesia (RI). Survei dilakukan kurun waktu 8 tahun sejak proses reformasi berjalan hingga sekarang. Namun pengamalan dasar dan butir Pancasila di kalangan masyarakat mulai pudar. Untuk itu diperlukan langkah-langkah sistematis untuk kembali menyadarkan akan pilar-pilar bangsa tersebut. Dalam kesempatan itu Mardiana Indraswati memberikan apresiasi kepada para peserta lomba yang dipastikan merupakan siswa-siswa SMA terbaik, calon pimpinan Indonesia masa depan. Ditengah era keterbukaan ini menurutnya bangsa besar yang sangat majemuk ini memerlukan pengendali dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, prinsip 4 pilar - Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi acuan bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates