Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di pelosok desa

Dra. Mardiana Indraswati saat memberikan materi
Pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada masyarakat telah berada pada titik nadir. Kondisi tersebut tercermin banyaknya tawuran antar kampung, tawuran antar mahasiswa, dan tawuran antar pelajar.

Hal itu diperparah dengan adanya tawuran antar etnis dan agama. Lemahnya pemahaman empat pilar negara itu juga tidak adanya dorongan dari didikan orang tua di rumah, guru di sekolah, dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Dra. Mardiana Indraswati dalam sosialisasi Pencasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang digelar di Kantor Desa Purworejo Kabuapten Pacitan.Sosisialisasi dihadiri Wakil Bupati Pacitan Drs. H. Prayitno, Mpd, Ketua dan Sekretaris DPD PAN Kabupaten Pacitan, Staf ahli MPM PP Muhammadiyah Ir. Safi'i Latuconsina, Ketua dan Sekretaris PD Muhammadiyah serta PD Aisyiyah Kabuapten Pacitan, ratusan peserta dari  lintas elemen masyarakat.

Anggota DPR RI Fraksi PAN, Dra. Mardiana Indraswati mendorong pada aspek semangat jiwa muda untuk membangun, percaya diri, dan perilaku sopan santun. Anak-anak remaja di sini, kata dia, jangan kecil hati, harus percaya diri dan yakin bahwa orang kekurangan juga punya kesempatan untuk maju.

Para peserta sosialisasi
"Ada succes story yang bisa kita contoh dan kita teladani. Tokoh-tokoh yang saat duduk di eksekutif dan legislatif, banyak yang berawal dari kemiskinan. Jadi intinya, hidup harus menatap ke depan, jangan pernah putus asa dan landasi dengan ketakwaan, kata Indras.
Sedangkan Wakil Bupati Pacitan Prayitno dalam sambutannya mengatakan cerminan lemahnya jiwa Pancasila di tingkat masyarakat, menjadi rentan permasalahan sosial yang sangat memprihatinkan.

Pendidikan jiwa Pancasila yang di dalamnya terkandung jiwa Ketuhanan Yang Maha Esa, kesatuan dan persatuan, gotong royong dan saling menghormati hak azasi manusia, merupakan kunci utama memahami jiwa Pancasila.

Acara ini mendapatkan apresiasi positif dari peserta. Salah satu peserta mengatakan bahwa ia baru kali ini mendapatkan kesempatan mengikuti acara sosialisasi semacam ini dan baru pertama kali pula bertatap muka dengan anggota DPR RI. "Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Sungguh ini kesempatan berharga dan kami siap mensosialisasikan kepada masyarakat," kata Heri.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates